Minggu, 06 Desember 2015

SAMBADHA MENGABDI 3

Mungkin udah terlalu telat buat ngepost pengalaman yang satu ini. Yaa.. ga apa-apa deh yah telat dari pada ga sama sekali. Temen-temen tau ga sih Sambadha Mengabdi 3 itu apa? Sambadha Mengabdi 3 itu sekumpulan alumni dari SMAN 1 Pandeglang yang mendidikasikan dirinya untuk mengabdi di daerah sekitar Pandeglang. Daerah yang seperti apa sih? Nah, disini kita mengabdi di daerah yang notaben masyarakatnya kurang mampu, daerah terpencil, dan alasan-alasan sebagainya. Arti dari angka 3 dari Sambadha Mengabdi 3 maksudnya tahun ini sudah menjadi kegiatan yang ketiga kalinya Sambadha Mengabdi 3 dijalanin. 
Sambadha Mengabdi 3 dilaksanain pada tanggal 6-9 Agustus 2015, kegiatan ini dilaksanain pada saat para alumni libur kuliah. Lumayan kan liburan ga ngapa-ngapain dan ga kemana-mana, lebih baik ikut acara kaya gini banyak manfaat dan sisi positifnya hehe. Tempatnya yaitu di kecamatan Panimbang, Desa Pasir Huni (kalau ga salah ya..). 
Waktu itu kita kesana naik mobil dengan lama waktu jam perjalanan sekitar 3-4 jam. Karna emang jauh banget, terus jalannya lagi ada perbaikan, dan buat pas masuk ke gangnya kita semua shock! jalannya bener-bener ancur guys. Rasanya kita lagi kaya naik odong-odong. Pas sampe di rumah kita nginep, di depan rumahnya jalannya lebih parah lagi. Jalannya terbuat dari tanah liat, yang kalau hujan bener-bener becek sama licin. pernah ke warung naik motor lewat jalan itu badan langsung pegel-pegel, sampe-sampe harus berhenti dulu di tengah jalan buat istirahat. padahal jarak dari rumah ke warung kurang lebih 300 meter. ini bener-bener nyata ga di dramatisir guys. waktu ada kesempatan kita tanya sama warga sekitar tentang jalan yang rusak. mereka bilang dari dulu jalannya emang udah kaya gitu ga pernah di aspal sama sekali. Astagfirullah.. kita yang denger disitu bener-bener kaget. selama ini pemerintah kemana yaa... hmmmm. 
oh ya sampe lupa, waktu kita datang kesana, kita di sambut dengan sangat hangat sama warga. setiap hari juga rumah yang kita tempatin ga pernah sepi, banyak anak-anak kecil yang dateng buat main bareng sama kita. 
Kegiatan apa aja sih yang kita laksanain disana? banyak kegiatan bermanfaat yang kita laksanain disana. pertama, kita ngajar di SD deket rumah singgahan kita. kedua, setelah kita ngajar disana kita datengin rumah siswa yang ada di kelas, yang kira-kira ada masalah dalam kegiatan belajar dikelas. kegiatan ini dinamain Home Visit, waktu kita dateng kerumah siswa itu kita ngobrol-ngobrol sama orang tuanya. sampe-sampe ada satu volunter yang di ajak makan, tau ga ngajak makan apa? ngajak makan goreng belalang wkwk. penasaran juga sih gimana rasanya hahaha.
ketiga, kita ngadain perlombaan-perlombaan disana. semacam kaya lomba-lomba 17an, banyak anak-anak dan warga yang ikut berpartisipasi. pokoknya bener-bener rame deh! yang keempat, kita ngadain cek kesehatan gratis buat warga. nah kegiatan ini bareng sama kegiatan lomba tadi. oh iya lupa lagi, waktu kita ngajar di SD juga kita buka perpustakaan kecil-kecilan. buku-bukunya kita dapetin dari sumbangan siswa-siswi SMAN 1 Pandeglang. nah buku-buku itu juga kita sumbangin buat ke sekolah. kegiatan yang kelima, bisa di sebut juga kegiatan puncak atau malam puncak. disana kita ngadain acara hiburan. yang diisi oleh anak-anak sekitar rumah singgah, yang sudah kita latih tentunya. ada yang nampilin drama, nyanyi, nari, dan lain-lain. acara ini juga sekaligus mengumumkan pemenang di perlombaan waktu siangnya. waktu acara ini berlangsung, ga tau kenapa tiba-tiba gue nangis. seneng banget acaranya lancar terus terharu sama respon warga yang bener-bener baik sama kita, yang udah mau nerima kita. hampir setiap hari warga ngasih makanan buat kita. walaupun makanannya ga seberapa tapi keramahan sama kebaikan mereka yang bikin gue terharu hiks jadi kangen... 
nah besoknya kita udah siap-siap mau pulang, pas pulang kita juga ngasih sumbangan baju-baju bekas layak pakai buat warga-warga disana. oh ya, kita juga disana ngecat madrasah, gotong royong, buat biopori dan lain-lain. 
Tulisan ini gue post bukan semata-mata buat nyari perhatian atau buat dibangga-banggain. tapi semoga dengan adanya tulisan ini bisa jadi motivasi kalian semua yang baca. 
Silahkan diliat kenang-kengangan dari kegiatan Sambadha Mengabdi 3 :)

















Tidak ada komentar:

Posting Komentar