Minggu, 06 Desember 2015

Menggapai Impian

Jika kita ingin menggapai sesuatu yang kita lakukan pertama adalah ikhtiar. Ikhtiar yang kita lakukan harus di barengi dengan doa kepada Yang Maha Kuasa. Ikhtiar tidak semata-mata hanya menjadi nama 'ikhtiar' nya saja, karena kita juga harus bersungguh-sungguh jika ingin mencapai sesuatu dan dengan niat yang baik, hati yang ikhlas kita harus menjalaninya. 
Setelah kita bersungguh-sungguh untuk mencapai sesuatu atau ikhtiar. Yang bisa kita lakukan hanyalah bertawakal, menerima hasil akhir dengan berlapang dada, ikhlas, dan sabar atas apa yang telah kita terima. Seperti kata pepatah "Tidak ada hasil yang mengkhianati usaha." Jika kita gagal, mungkin karena dalam usaha untuk mencapai sesuatu tersebut kita kurang maksimal atau ada suatu proses yang terlewati oleh kita. Mungkin juga kita terlalu tergesa-gesa dalam menjalani proses tersebut.
Selanjutnya apabila ikhtiar kita gagal, hal pertama yang harus kita lakukan adalah sabar. Jangan menyesali hasil yang ada. Kedua, tanya pada diri sendiri "Mengapa saya gagal?". Terakhir, ikhtiar kembali dengan hasil intropeksi sebelumnya. Maka jika kita gagal kembali dalam Ikhtiar, lakukanlah kembali dari tahap pertama.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar